Jumat, 30 November 2012

8. aida (attention, interest, desire,action)

AIDA (ATTENTION, INTEREST, DESIRE, ACTION) AIDA merupakan suatu singkatan yang sering digunakan dalam dunia pemasaran dan periklanan, yang menggambarkan tahapan-tahapan keadaan atau respon seorang konsumen terhadap suatu produk. AIDA adalah singkatan dari Attention, Interest, Desire, dan Action. · A – Attention (Perhatian / Kesadaran): Tahap menarik perhatian konsumen terhadap suatu produk yang ditawarkan. · I – Interest (Ketertarikan) Tahap meningkatkan ketertarikan konsumen. Biasanya dengan menjelaskan manfaat / keuntungan dari produk tersebut. · D – Desire (Keinginan / Hasrat) Tahap meyakinkan konsumen agar mereka ingin memiliki produk atau jasa yang ditawarkan, sesuai dengan kebutuhan mereka. · A – Action (Aksi) Tahap mengarahkan konsumen agar mengambil aksi dalam keputusan pembelian. Lalu AIDA mulai berkembang menjadi AIDCAS (Attention, Interest, Desire, Confidence, Action, Satisfaction). · C – Confidence (Kepercayaan / Keyakinan) Tahap meyakinkan konsumen agar konsumen tersebut percaya terhadap produk atau jasa yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan mereka. · S – Satisfaction (Kepuasan) Tahap memuaskan konsumen sehingga mereka menjadi pelanggan dan memberikan arahan / masukan terhadap produk tersebut. Kemudian, dikelompokan menjadi 3 tahap yaitu CAB (Cognition, Affect, Behavior). · C – Cognition (Kognisi) meliputi Awareness (Kesadaran) dan Learning (Pengetahuan). · A – Affect (Pengaruh) meliputi Feeling (Perasaan), Interest (Ketertarikan), dan Desire (Keinginan) · B – Behavior (Perilaku) meliputi Action (Aksi). Setelah itu, berkembang lagi dan lahirlah teori yang dinamakan TIREA (Thought, Interest, Risk, Engagement, Action) · T –Thought (Pemikiran) · I – Interest (Ketertarikan) meliputi Desire(Keinginan) · R – Risk (Resiko) meliputi Evaluation (Evaluasi) · E – Engagement (Perjanjian): sebuah respon emosional ketika Ketertarikan dan Keinginan melebihi resiko. · A – Action (Aksi): sebuah respon fisik untuk memperoleh sesuatu yang diinginkan dan bersedia menanggung resiko. Sumber : www.google.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar