Jumat, 30 November 2012
8. aida (attention, interest, desire,action)
AIDA (ATTENTION, INTEREST, DESIRE, ACTION)
AIDA merupakan suatu singkatan yang sering digunakan dalam dunia pemasaran dan periklanan, yang menggambarkan tahapan-tahapan keadaan atau respon seorang konsumen terhadap suatu produk. AIDA adalah singkatan dari Attention, Interest, Desire, dan Action.
· A – Attention (Perhatian / Kesadaran):
Tahap menarik perhatian konsumen terhadap suatu produk yang ditawarkan.
· I – Interest (Ketertarikan)
Tahap meningkatkan ketertarikan konsumen. Biasanya dengan menjelaskan manfaat / keuntungan dari produk tersebut.
· D – Desire (Keinginan / Hasrat)
Tahap meyakinkan konsumen agar mereka ingin memiliki produk atau jasa yang ditawarkan, sesuai dengan kebutuhan mereka.
· A – Action (Aksi)
Tahap mengarahkan konsumen agar mengambil aksi dalam keputusan pembelian.
Lalu AIDA mulai berkembang menjadi AIDCAS (Attention, Interest, Desire, Confidence, Action, Satisfaction).
· C – Confidence (Kepercayaan / Keyakinan)
Tahap meyakinkan konsumen agar konsumen tersebut percaya terhadap produk atau jasa yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan mereka.
· S – Satisfaction (Kepuasan)
Tahap memuaskan konsumen sehingga mereka menjadi pelanggan dan memberikan arahan / masukan terhadap produk tersebut.
Kemudian, dikelompokan menjadi 3 tahap yaitu CAB (Cognition, Affect, Behavior).
· C – Cognition (Kognisi) meliputi Awareness (Kesadaran) dan Learning (Pengetahuan).
· A – Affect (Pengaruh) meliputi Feeling (Perasaan), Interest (Ketertarikan), dan Desire (Keinginan)
· B – Behavior (Perilaku) meliputi Action (Aksi).
Setelah itu, berkembang lagi dan lahirlah teori yang dinamakan TIREA (Thought, Interest, Risk, Engagement, Action)
· T –Thought (Pemikiran)
· I – Interest (Ketertarikan) meliputi Desire(Keinginan)
· R – Risk (Resiko) meliputi Evaluation (Evaluasi)
· E – Engagement (Perjanjian): sebuah respon emosional ketika Ketertarikan dan Keinginan melebihi resiko.
· A – Action (Aksi): sebuah respon fisik untuk memperoleh sesuatu yang diinginkan dan bersedia menanggung resiko.
Sumber : www.google.com
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar